~* Perantau Akhirah, Musafir Perjuangan *~: Surat Al-Hasan Al-Basri kpd Umar bin Abdul Aziz

~* Perantau Akhirah, Musafir Perjuangan *~

Bismillah Ar Rahman Ar Rahim, alhamdulillah, syukur ana rafa'kan ke hadrat Allah SWT kerana dengan izin-Nya, maka ana telah dapat membangunkan sebuah laman sebagai pengantar wadah bicara antara seorang Muslim dengan Muslim yang lain. Semoga usaha ana ini akan diberkati dan dirahmati Allah SWT. Amiin. Salam Ukhwah wa Mahabbah Islamiah daripada ana 'the daughter of Haji Yusof' buat antum sekalian. Yarhamkumullah! ISLAM NO.1 kini dan selama-lamanya, insyaALLAH. ALLAHUAKBAR 3X! Wassalam wbt.

Wednesday, December 21, 2005

Surat Al-Hasan Al-Basri kpd Umar bin Abdul Aziz

Oleh : Ibnu Qoyyim Al-Jauziyah


Posted by Picasa

Ibnu abid Dunya
menyebutkan bahwa al-Hasan al-basri pernah menulis surat kepada Umar bin Abdul Aziz

"Amma ba'du,
Sesungguhnya dunia adalah tempat keberangkatan, bukan tempat tinggal. Adam 'alayhissalam di turunkan ke dunia tidak lain sebagai hukuman, karena itulah berhati-hatilah terhadapnya (dunia) wahai Amirul Mukminin!

Sesungguhnya berbekal dari dunia adalah dengan meninggalkannya dan kekayaan di dalamnya adalah kefakirannya. Setiap saat ia bisa membunuh, menghinakan siapa yang memuliakannya, dan memelaratkan siapa yang menumpukannya.

Ia ibarat racun yang dimakan oleh orang yang tidak tahu, padahal ia akan membunuhnya. Di dunia , jadilah Anda seperti orang yang mengubati luka-luka pada dirinya. Ia sedikit berpantangkarena khuatir akan membencinya selamanya serta bersabar terhadap sakitnya ubat karena takut penyakitnya berkepanjangan.

Maka, hati-hatilah di negeri yang menipu , memperdaya dan memberikan banyak khayalan ini, yang berhias dengan segala tipu dayanya. Menyesatkan dengan bujuk rayunya, menipu dengan harapan-harapannya, dan berdandan untuk para peminangnya.

Ia ibarat pengantin wanita dengan wajah terbuka. Semua mata memandangnya, hati terpikat olehnya ,dan jiwa tergila-gila kepadanya, padahal ia pembunuh bagi suaminya.

Sebagian orang yang tergila-gila kepadanya berhasil meraih keinginannya lalu berbanggga, bertindak melampaui batas, dan lupa kepada akhirat. Hatinya sibuk memikirkannya sehingga kakinya tergelincir dan ia banyak menyesali. Sakaratul maut, pelbagai penderitaan pada saat kematian, dan penyesalan karena perpisahan menyelimuti dirinya.

Ada pula orang yang tergila-gila kepadanya tetapi tIdAk berhasil memperoleh keinginannya, ia hidup dgn kepahitan dan pergi dengan kesedihan. Ia tidak pernah menemukan apa yang di carinya sedangkan jiwa tidak pernah istirahat dari kepayahan. Ia meninggalkan dunia tanpa bekal apa-apa dan datang ke akhirat tanpa membawa apa apa.


Jadikan puncak kebahagian Anda di dalamnya adalah puncak kehati-hatian Anda terhadapnya!


Sesungguhnya, orang yang merasa puas dengan kesenangan di dunia, maka dunia akan membawanya kepada keburukan. Kebahagian dunia itu dikata dengan penderitaan, menetap di dalamnya akan berakhir dengan kafanaan, dan keceriaannya bercampur dengan kesedihan. Angan-angannya bohong, harapan-harapannya kosong, kejernihannya keruh, dan kehidupannya pedih.

Seandainya ALLAH belum memberi tahu dan belum membuat permisalan mengenainya, niscaya ia sendiri mampu membangunkan orang yang tidur dan menyadarkan orang yang lalai.

Apalagi, bukankah ALLAH telah mengutus penasihat dan memberi peringatan di dalamnya! Di sisi ALLAH dunia tidak mempunyai nilaI sama sekali. ALLAH tidak melihatnya semenjak menciptakannya .

Nabi kita shallallahu 'alayhiwassalam telah ditawari kunci-kunci dan perbendaharaanya, sesayap nyamuk pun tidak dikurangi di sisi ALLAH, tetapi beliau menolak, karena baginda s.a.w. tidak suka mencintai apa yang dibenci oleh KHALIQ-nya atau meninggikan apa yang di rendahkan oleh MALIK-nya.

ALLAH menyempitkan bagi orang-orang shaleh sebagai pilihan dan melapangkan bagi musuh-musuh-NYA sebagai tipu daya, sehingga orang orang yang tertipu dan berhasil memperolehnya menyangka bahwa dirinya dimuliakan dengan dunia. Ia lupa terhadap apa yang telah dilakukan ALLAH terhadap rasul-NYA ketika mengikatkan batu di perutnya (dan pelbagai bentuk UJIAN -> IMAN).


* Lihat Fathul Bari, Syarh Shahihul Bukhary X1/283-293 di ambil dari Kitab Ighatsatul Lahfan min Mashayidisy Syaithan..hal.78-79

Posted by Picasa

* Bint Haji Yusof -> artikel tersebut dinukilkan daripada Markaz Kitabah @ assunah.mine.nu. Kehadrat saudara saudari seaqeedah yang ana hormati dan hargai filLah, ismahli 'ala kulli hal buat/pada kadaran masa ini ana belum bersedia mereleasekan sebarang penulisan milik peribadi dan ana bekukan ia buat sementara waktu. WalLahu 'Aalimin. Walaubagaimanapun sebagai galang gantinya ana sedaya mungkin akan menampilkan nukilan-nukilan (koleksi-koleksi dalam simpanan) ISLAMIAH wa ILMIAH yang sesuai juga bermanfa'at buat antum, tamu ziarah gerbang eletronik "PERANTAU AKHIRAH, MUSAFIR PERJUANGAN". Moga ada khairnya! Seterusnya, insyaALLAH suatu kolum baru akan diwujudkan dalam ruangan 'Forum Bint Haji Yusof' iaitu 'INFO SIHAT' - berkait hal ehwal, nasihat, tips-tips dsb bersangkut paut ke-SEJAHTERA-an wa ke-SIHAT-an lahiriah dan batiniah. BarakalLahu lakum! Wassalam wbt.

Rabu, 21 Desember 2005 M * الاربعاء 20 ذو القعدة 1426 هـ *

2 Comments:

  • At 11:18 PM, Anonymous Anonymous said…

    As-salaamu alaikum wa rahmatullahi wa baraktuhu,

    Especially dedicated to Bint Haji Yusof, Sis. Syahidah, may God bless u and ur loved ones. May u bcome a great muslimat, a devoted women, a solehah wife and mother like the Prophet's Muhammad p.b.u.h. 's Wives e.g. Khadijah and 'Aisyah r.a. Ameen. Take a good care of urself and be a good Muslimah.

    All the best!



    Moslem Family

    You could see Alloh is almighty
    You should see Islam is the highest
    We're moslem family

    Here we're moslem family
    We'll never have desperate sense in destiny
    Here we're moslem family
    We'll always be sure in the reality

    World is not the eternity
    In here we are just for the time being
    The day after the real place

    Here we're moslem family
    We know Islam lead us on peace
    Adoration of our love
    Just for Alloh and Muhammad

    Al Quran is guiding light
    Shining us in the better life
    Here we're moslem family
    Great full us for these bliss

    Till next time sister, keep safe:)

    Wa alaikum as-salaam,

    Lots of love from,
    Sister Iman
    Norway.


    p/s: Lol...sorry..I keep changing addresses.Sorry sister...:) And Syahidah dear, please pray for me! Pray so that my marriage will make me grow mature.Plz forgive me i love u & i never meant to hurt anyone Allaah knows. Sorry sister...:)

    Please Please....Pray for Me!

    Dearie Syahidah, may Allaah keep u all safe and away from fitnah and any evil and accept us all in his heaven and forgive all our sins ameen.

     
  • At 4:37 PM, Anonymous Anonymous said…

    Satu catitan: - Untukmu Muslimah

    Untukmu
    izinkan kulukiskan harapan:

    -Engkau zamrud permata keindahan dunia
    -Kelembutan fitrah yang harus kau jaga
    -Dengannya kan kau goncang dunia

    Muslimah
    -Engkau madrasah pendidik generasi
    -Tempat bersemai mujahid - mujahid pengganti
    -Penuh serta darah yang telah tertumpah
    -Dihamparan bumi Islam tercinta ini

    Muslimah
    -Engkau adalah pententram jiwa yang gundah
    -Dikala ujian dan goda datang menimpa
    -Kaulah peneguh hati nan dilanda sunyi
    -Senyummu penyejuk sanubari

    Muslimah
    -Keteguhan ruhiahmu terpancar terang
    -Lewat bening mata kehalusan pribadi
    -Masih adakah keindahan di mata
    -Selain pribadi muslimah yang terpuji

    Muslimah
    -Namun ingat kuasa
    -Sang pembawa risalah
    -Kaulah fitnah terbesar sepeninggalnya
    -Karena begitu mudah
    - Dirimu tergoncang
    -Oleh manis kata gemerlap dunia

    Muslimah
    -Masih adakah keraguan dihati
    -Sedang syurga balasan keikhlasanmu
    -Cinta tunduk baktimu di nanti selalu
    -Berjuta pejuang pembela Islam


    Untukmu izinkan kulukiskan harapan
    - bentuklah peribadi Muslimah Sejati - As Solehah -memberi makna pada tiap insan.

    ----------------------

    Sister,
    Under no circumstances
    No matter what they think

    Sisters be Proud
    A Muslimah
    ALLAHU-AKBAR!!!
    That's what you are
    With that Hijab on

    Despite the peer pressure
    in our lives
    Covering up a way
    from the evil eyes

    In school at work we advise
    Don’t compromise
    Islam guides
    Darkness to light
    Weakness to might

    Stand tall
    Answering Allah’s call


    As Sabr hafzun minal IMAN :-)

    Moga thabat..berusahalah!!!!

    Asalamualaykum.

     

Post a Comment

<< Home

Powered by ClockBot.com }